-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Agar Punya Bukti Sudah divaksin, Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid19

Perlu Anda ketahui, setiap kali kita selesai divaksinasi, kita akan memperoleh sertifikat bukti sudah divaksin dalam 2 macam, yaitu vaksin pertama dan vaksin kedua. Untuk memperoleh sertifikat tersebut Anda harus memiliki aplikasi Peduli Lindungi.

Jika Anda ingin mengunduh sertiikat bukti sudah divaksin, berikut ini adalah caranya:

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid19

Sebelum melakukan langkah ini, Anda harus sudah terlebih dulu memiliki aplikasi Peduli Lindungi. Aplikasi ini tersedia di AppStore maupun PlayStore.

Anda harus mendaftar dulu sebelum bisa mengunduh sertifikat tersebut.

Sertifikat bukti vaksin terdapat di menu akun aplikasi. Nanti akan muncul 2 sertifika masing-masing yang menunjukkan suntikan Anda yang pertama dan kedua:

  1. Buka aplikasi Peduli Lindungi, lalu daftar menggunakan identitas Anda. Dalam proses mendaftar, dibutuhkan NIK, Email dan nomor telepon
  2. Setelah berhasil mendaftar, Anda otomatis memiliki akun di Peduli Lindungi
  3. Masuk ke menu 'Akun' 
  4. Cari opsi unduh sertifikat vaksin, lalu klik tombol unduh yang tersedia di sana
  5. Setelah itu sertifikat akan otomatis masuk ke galeri ponsel Anda. Sampai di sini Anda sudah berhasil memperoleh sertifikat tersebut

Perlu Anda ketahui, untuk jangan menyebar sertifikat tersebut. Imbauan ini disampaikan langsung oleh Menteri Kominfo, Johnny Plate.

"Di dalam QR Code itu ada data pribadi, jadi sertifikat digital kita peroleh, tapi di saat bersamaan kita menjaga data pribadi kita dengan cara tidak mengedarkannya untuk kepentingan yang tidak semestinya," penuturan ini dikutip langsung dari laman Kominfo.

Pada aplikasi Peduli Lindungi, Anda tak hanya bisa mengunduh sertifikat bukti vaksin. Tapi juga bisa merasakan beberapa fitur seperti memantau orang-orang dalam radius tertentu apakah dia terindikasi positif Covid19 atau tidak dengan menggunakan teknologi Bluetooth, Anda bisa melihat riwayat beberapa orang apakah mereka pernah menjadi ODP, atau PDP, dan Anda juga bisa mendapatkan tiket vaksin yang berbentuk barcode di aplikasi ini. 

Anda yang belum pernah divaksin, dapat melakukan registrasi vaksin. Nanti Anda tinggal memasukkan identitas diri seperti NIK dan nomor ponsel.

Share This Article :
Adelia

1946457701878001633