-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kenapa Pengunjung Blog Bertambah Secara Mendadak?

Sebagai seorang blogger tentulah kita berharap blog kita bisa nangkring di pejwan pada mesin pencari google. Dengan begitu kita akan kebanjiran visitor. Itulah dambaan setiap blogger, pengunjung yang banyak, karena pengunjung yang banyak akan memberi impresi yang banyak pula, dari sekian banyak impresi itu kemudian akan ada yang meng-klik iklan, nah itu dia yang terpenting setiap pengunjung meng-klik iklan itu berarti rezeki tambahan bagi si bloggernya.


Kenapa Pengunjung Blog Bertambah Secara Mendadak?

Namun ada masanya sepanjang hayat nge-blog kamu tentu akan mendapat kejutan berupa pengunjung blog yang tiba-tiba bertambah secara mendadak alias membludak . Bukannya merasa senang dan girang yang dirasakan tapi malah ada rasa ketakutan, takut-takut kalau blog kita sedang mengalami gangguan gak jelas dari para orang yang iseng atau sengaja mengirim visitor.

Ya.. itulah yang pernah saya rasakan juga. Dalam 1X24 jam blog kuat Sepwal ini diserbu pengunjung  dengan IP address Amerika Serikat. Kalau melihat dashboard statistik di blogger keliatan jelas bahwa pengunjung blog Sepwal ini sedang mengalami “pengunjung tak diharapkan” atau dalam istilah di lagu dangdut “tamu tak diundang”.

Setelah mengalami hal tersebut saya lansung Searching di google dan baca-baca dari blog para suhu yang sudah berpengalaman dalam hal ini, kunjungan blog yang tiba-tiba melonjak ini istilahnya adalah “jingling”. Timbul pertanyaan kini apakah itu jingling?


Jingling adalah salah satu software curang yang konon berasal dari negeri tirai bambu cina. Ya.. terserah deh mau darimana juga, yang jelas Jingling ini memang suatu software untuk para blogger pecundang yang ingin mempunyai visitor yang banyak secara instant, padahal pengunjung yang didatangkan ke blog tujuan hanyalah fana alias bot (robot).

Nah masalahnya sekarang adalah saya tidak memakai jingling kok tiba-tiba saya  dapet pengunjung palsu juga? Yaah... jingling ini memang sudah umum digunakan untuk menjahili para blogger, biasanya blogger yang tidak teliti akan merasa girang dengan lonjakan pengunjung di blognya.

Tapi bagi blogger yang teliti tentulah akan melihat titik kecurigaan itu, apalagi di statistik keliatan riwayat “situs perujuk” yang mencurigakan. Sobat blogger yang baik, biasanya pesaing blog kamu yang bermental pecundang akan menjigling blog kamu ketika ia merasa terancam oleh kemajuan blogmu.

Karena menggunakan jigling itu relatif mudah, tinggal memasukkan URL sasaran, dan pengunjung palsu pun berdatangan ke blog sasaran tersebut. Mungkin kalau diibaratkan jigling ini seperti santet di dunia nyata, widih ngeri  juga ya... ya begitulah, karena dampak jigling dalam beberapa kasus memang bisa membunuh blog karena akan di anggap sebagai sampah oleh mesin pencari dan lebih fatalnya bisa di hapus oleh Google.

Hal itu dikarenakan google curiga dengan aktivitas blog kita yang ramai pengunjung secara tiba-tiba. Jadi google mengira kita telah menggunakan “boot” menyesatkan untuk mengakali statistik kita. Dengan demikian blog bisa saja di banned Adsennya google.kalau sudah begini yang rugi besar adalah kita sebagai pemilik situs sedangkan saingan kita tersenyum girang.

Padahal sesama blogger untuk apa jugalah saling dengki seperti itu... “kita sama-sama cari makan bro, kalau kamu ada rezeki kamu makan, kalau aku ada rezeki aku yang makan.. lalu apa salahnya kalau kita makan sama-sama?”.

Kalau tidak sampai dibanned oleh google yang mengira kita menjigling blog kita sendiri biasanya. Pengunjung blog kita juga bisa menurun drastis, itu diakibatkan tingkat bounce rate blog kita tinggi. Ini dikarenakan pengunjung palsu ke blog kita itu hanya singgah satu atau tiga detik kemudian pergi ke alam “ghaib”, ini membuat google menganggap kalau artikel di blog kita itu tidak menarik, biasanya semakin kecil bounce rate maka semakin besar kemungkinan blog itu nangkring di pejwan mesin pencari.


Intinya secara jujur kita harus berusaha membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita, maka reputasi blog kita juga meningkat di mata google, dan bounce rate kita rendah. Tapi kalau sudah kena jingling, tentulah blog kita mendadak mendapat bounce rate yang sangat tinggi sehingga kemungkinan besar reputasi bog menurun dan mengakibatkan pengunjung blog menurun drastis, bahkan ada yang sampai ke titik nol... widih amit-amit.

Tapi tenang mas bro... ada tips supaya blog kita tidak di jingling, bahkan saya menggunakan ini ketika sedang kena jingling dari “tamu tak diundang” tersebut.

1. Di dashboard blogger klik “setelan”
2. Lihat “perayapan dan pengindeksan”
3. Kemudian dibawahnya temukan “robots.txt khusus”, klik “edit”
4. Masukkan kode dibawah ini

Kenapa Pengunjung Blog Bertambah Secara Mendadak?


*ganti alamat blog saya dengan URL blog sobat


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot

Allow: /

Disallow: /search

User-agent: *

Disallow: /

Sitemap: https://www.sepwal.com//feeds/posts/default?orderby=UPDATED



5. kemudian langkah yang terakhir tinggal klik  save
Nah dengan demikian blog kita sudah diberi Obat Penangkal dari kejamnya jingling. Tapi proses ini tidak langsung secepat kilat, yang penting sudah diberi Penangkal maka blog sobat perlahan-lahan akan kembali pulih seperti sedia kala.

buat sahabat  yang yang bermental juara, jangan pernah menggunakan jingling, apa lagi menjigling teman-teman sesama blogger.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

Click here for comments 33 Comments:

  1. wuih mantap, ini artikel yg saya cari selama ini makasih mas, semoga sukses ngeblog nya ya

    BalasHapus
  2. wah..ini dia yang dicari-cari...buat ningkatin pengunjung blog..salam POJOKNYANTAI

    BalasHapus
  3. Kegiatan curang seperti itu lebih sering digunakan pada blog yang sudah beriklan ya? Kalau misal blog yang tanpa iklan apakah berpotensi jingling juga?
    Terima untuk pencegahan jingling-nya, jika suatu saat terkena. Bisa diaplikasikan tips ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia Kak blog monet ataupun blom sangat berpotensi so banyak orang iseng

      Hapus
  4. Pernah baca sekilas ttg jingling ini, emang ada aja ya orang sirik. Semoga saja blog kita aman-aman saja

    BalasHapus
  5. Wah, ada juga ya yang curang pake boot. Tapi memang teknologi makin canggih, ada yg baik dan buruk. Kita pun bisa lebih aware dan antisipasi spy ga terjerumus dan terkena kecurangan ya🙏😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kak yang bisanya kirim aouto view hehehe, semoga saja

      Hapus
  6. Saya juga pernah nih dihampiri jingling. Alhamdulillah cuma satu kali itu aja mudah2an ngga pernah lagiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya orang iseng yang ngejingling ke situs orang

      Hapus
  7. Wahh saya malah ke bom komen hingga ribuan dan isinya spam semua :( nice info kak buat blogger banyak awamnya kaya saya

    BalasHapus
  8. Aku masih baru di dunia blog. Tulisan ini membantu banget, aku jadi mengenal apa itu jijling

    BalasHapus
  9. Benar juga ya, seperti santet jadinya. Serem banget sih.
    Blog utama saya, dulu banyak review film yang pejwan. Beberapa kali dalam setahun tiba-tiba ada kunjungan 350 ribu dalam satu malam.
    Memang setelah itu jadi berkurang drastis kunjungannya. Tinggal 10% dari rata-rata kunjungan asli.
    Akan saya pasang kodenya nanti. Makasih ya

    BalasHapus
  10. Oh begitu tho. Yuni pernah sih dapat traffic yang tinggi banget tiba-tiba. Tapi emang BRnya jadi tinggi juga.

    Dulu emang malah seneng karena dapat traffic tinggi. Eh nggak tahunya malah nggak bagus kalau sumber trafficnya nggak jelas. Hrhehe

    BalasHapus
  11. Kalau blog yang berplatform wordpress, gimana triknya untuk menangkal jingling ini.
    Ngeri juga ya, kayak santet di dunia nyata. Tahu-tahu kesakitan tanpa tahu apa penyebabnya

    BalasHapus
  12. Dulu, pas masih awal awal ngeblog. Dapet kunjungan tiba-tiba tuh malah seneng. Kupikir artikelku bagus. Nyatanya malah memperburuk blog huhuhu. Tapi, codingnya udah aku coba pasang. Semoga aja ga kena santet online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ga terjadi lagi kk so auto visitor ga bagus buat blog kedepannya

      Hapus
  13. apakah work? dan sudah di buktikan mas bahwa bebas dari jingling?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas pas awal2 blog ini dibangun hampir tiap ,minggu kena auto visitor, alhamdulillah pakai cara ini bisa tratasi

      Hapus
  14. masih sering bingung dengan setting pengaturan robot.txt. bahaya juga ya kalo yg jingling ke blog kita. bisa sampai dibanned

    BalasHapus
  15. Saya baru thau istilah ini, antara senang dan bingung juga ya. Senang karena pengunjung blog saya masih sedikit. Hehehe. Trims ilmunya mas, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. aku baru tahu nih jigling begini...aman ga masukin kode ini di blog kita kak?

    BalasHapus
  17. Nah secara umum sy dpt pengetahuan baru ttg jigling.. btw untuk wp bgmana ya penangkalnya?

    BalasHapus
  18. wah serem juga ya dalam dunia blogger ada santet gitu, pernah denger sie jigling. tapi aku belum pernah ada visitor banyak banget gitu . Kalau untuk di wp gimana cara proteksinya ya kak.

    BalasHapus
  19. Ini kog ya ada orang rese ya, matiin rezeki orang trus nanti kalau dibalas bagaimana hehehe

    BalasHapus
  20. Serem amat ya kalo sampai terkena jingling. Duh semoga blig kita selalu aman.

    BalasHapus
  21. Wah, meskipun terdengar sepele, ternyata naro script di robot.txt termasuk penting juga ya. Saya pengen deh banyak pengunjungnya di blog saya. Coba juuga ah

    BalasHapus
  22. wah blog saya sering begini nih, makasih ya mas tipsnya. jadi tau harus ngapain kalo tiba-tiba ada pengunjung dadakan hihi.

    BalasHapus
  23. Kok serem gitu ya kak, smg gak ada lagi ya yg spt itu. Makasih sharingnya, saya jadi makin tau soal dunia per bloggeran

    BalasHapus
  24. Waduh, serem juga ya kalau kena jigling? Apakah obatnya cukup mampu menangkal atau paling tidak jadi barikade para jiggler?

    BalasHapus
1946457701878001633