Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keyword YouTube agar Lebih Menarik

YouTube merupakan platform yang sangat potensial untuk menyebarkan konten serta membangun komunitas. Untuk menentukan kesuksesan Youtube, sangat penting dalam menentukan kata kunci.

Pemilihan kata kunci yang tepat akan membuat video pada channel youtube menjadi semakin mudah ditemukan oleh mereka yang sedang mencari konten yang serupa dengan videomu.

Pentingkah Melakukan Riset Keyword?

Riset Keyword Youtube merupakan sebuah proses dalam menemukan kata kunci atau tag yang sering digunakan orang untuk mencari video di platform YouTube. 

Melakukan riset keyword sangatlah penting dan utama. Dengan mengetahui keyword yang tepat, kamu bisa membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi target audiens channelmu..

Riset keyword sangat berpengaruh terhadap perkembangan channel youtube karena dapat meningkatkan peringkat video di hasil pencarian. Video yang menggunakan kata kunci tepat akan lebih berpeluang besar muncul di peringkat teratas pada hasil pencarian. Sehingga dapat meningkatkan visibilitas video yang diunggah dan membuat lebih banyak orang untuk dapat melihat dan menonton hingga akhir.

Dengan melakukan riset keyword,  kamu akan terbantu dalam menemukan ide konten yang relevan dengan minat target audiens channel kamu. Sehingga kamu dapat membuat konten yang lebih menarik dan lebih bermanfaat bagi mereka.

Riset keyword juga dapat meningkatkan CTR (click-through rate) yaitu persentase orang yang mengklik tautan video Anda dari hasil pencarian. Kata kunci yang tepat pada video yang diunggah tentunya dapat meningkatkan CTR video Anda dan menarik lebih banyak penonton.

Langkah-langkah Riset Keyword YouTube

Untuk melakukan riset keyword, kamu bisa mengikut langkah-langkah berikut ini:

1. Menentukan tema konten pada channel youtube.

Langkah pertama adalah menentukan niche atau tema konten di channel youtubemu. Kamu harus konsisten tentang apa fokus yang ingin dibicarakan di channel tersebut.

2. Mencari Seed Keyword

Seed keyword merupakan keyword dasar yang terkait dengan niche konten channelmu. Kamu dapat menemukan seed keyword dengan melakukan brainstorming sendiri maupun menggunakan tools riset keyword.

3. Mencari search volume dan related keywords. 

Setelah memiliki seed keyword, kamu perlu mencari informasi lebih lanjut tentangnya. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat search volume dan related keywords.

Search volume sendiri merupakan jumlah kali kata kunci tersebut dicari pada suatu periode waktu tertentu. Pencarian volume yang tinggi menunjukkan bahwa keyword tersebut memang populer dan memiliki potensi besar dalam menarik penonton.

Sedangkan related keywords adalah kata kunci turunan yang terkait dengan seed keyword. Related keywords dapat membantu dalam menemukan ide konten yang lebih spesifik dan relevan.

4. Pilih kata kunci yang tepat. 

Langkah selanjutnya adalah menentukan kata kunci yang tepat untuk videomu.  Ada beberapa hal yang dapat kamu jadikan pertimbangan, diantaranya:

    - Popularitas: Pilihlah keyword yang memiliki search volume yang tinggi.

    - Relevansi: Pilihlah keyword yang relevan dengan niche atau tema konten Anda.

    - Kompetisi: Pilihlah keyword yang memiliki tingkat persaingan rendah.

5. Gunakan kata kunci pada judul, deskripsi, dan tag video yang akan kamu unggah. 

Penggunaan kata kunci di judul, deskripsi, dan tag video juga langkah yang sangat penting. Hal ini akan membantu YouTube memahami konten video milikmu serta berkemungkinan menampilkannya di hasil pencarian yang relevan.

Demikian penjelasan mengenai cara riset keyword youtube agar lebih menarik dan menjadikan youtubemu berkembang baik. Gunakan tools riset keyword yang tepat. jangan hanya fokus pada search volume,serta lakukan riset kata kunci secara berkala. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Riset Keyword YouTube agar Lebih Menarik"