Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecerdasan Buatan : Memahami Dampaknya Pada Pendidikan dan Pembelajaran

Kecerdasan Buatan atau kerap disebut AI (Artificial Intelligent) sudah tidak asing lagi di kehidupan banyak orang. Perkembangan AI cukup pesat di beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat AI digunakan dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, keuangan, transportasi, dan manufaktur, hingga pendidikan.. 

Hadirnya AI memiliki potensi untuk mengubah cara hidup manusia dan bekerja di masa depan. Tak terkecuali dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, Kecerdasan Buatan ini juga memberikan pengaruh yang cukup besar 

Dampak Positif AI Pada Pembelajaran

Kemudahan yang diberikan dari AI dapat membantu pembelajaran menjadi semakin modern. Baik untuk pendidik maupun peserta didik, akan merasakan kemajuan terutama dalam penerapan berbasis teknologi menggunakan AI. Berikut dampak positif AI dalam bidang pendidikan :

1. Menyediakan Pembelajaran yang Adaptif

Salah satu dampak dari adanya Kecerdasan Buatan ialah terciptanya Pembelajaran yang Adaptif bagi peserta didik. Dengan adanya AI dapat memberikan materi pembelajaran yang berbeda sesuai dengan kemampuan peserta didiknya. 

Hal tersebut dapat membantu para peserta didik untuk mengatasi adanya kesenjangan belajar dan mencapai standar yang lebih tinggi.

2. Mempersonalisasi Pembelajaran Siswa

Kecerdasan Buatan (AI) dapat dimanfaatkan untuk mempersonalisasi pembelajaran peserta didik. Dalam hal ini, AI dapat digunakan untuk melacak kemajuan setiap peserta didik serta menyesuaikan materi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dampak ini dinilai dapat menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien untuk para peserta didik dalam kegiatan belajar.

3. Mengembangkan Asisten Pembelajaran Virtual

Kemudahan yang diberikan AI ialah memudahkan peserta didik dalam mengerjakan berbagai tugas melalui program komputer. Seperti mengerjakan soal latihan, mencari informasi dan referensi, hingga berdiskusi dengan guru.

Asisten Pembelajaran Virtual ini dapat membantu para peserta didik kapan pun dan dimanapun. Hal ini dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan akses mereka ke arah pendidikan berkualitas.

4. Menjadi Platform Pembelajaran Mandiri

Dengan adanya AI, para peserta didik dapat melakukan pembelajaran mandiri. Platform tersebut memberikan akses pada mereka ke materi pembelajaran yang dipersonalisasi serta berorientasi pada tujuan.

Sehingga dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri dan sesuai dengan kecepatan belajar peserta didik masing-masing.

5. Memudahkan dalam Melakukan Penilaian Otomatis

Para pendidik juga merasakan kemudahan dari adanya AI diantaranya dapat dijadikan sebagai alat penilaian otomatis. AI dapat membantu para pendidik untuk menilai secara objektif dan tanpa bias.

Tentunya hal ini sangat membantu bagi para pendidik dalam menyelesaikan administrasinya. Pendidik dapat menghemat waktu serta lebih adil dalam memberikan penilaian.

Dampak Negatif AI Pada Pembelajaran

Selain kemudahan yang diberikan, tentunya akan ada dampak negative yang menyertainya jika kemajuan AI tidak digunakan secara bijak. Inilah dampak negatif yang akan muncul dari penggunaan AI:

1. Ketidaksetaraan Akses

Bagi masyarakat yang berada di kota besar tentunya akan dengan sangat mudah memperoleh akses untuk menggunakan AI. Namun, di beberapa kota terpencil tentunya masih ada yang belum dapat bahkan belum mengetahui apa itu AI. Akhirnya, kemajuan pendidikan menjadi tidak merata.

2. Timbul Ketergantungan 

Terbiasa dengan segala kemudahan yang diberikan oleh AI tidak menutup kemungkinan menjadikan pendidik dan peserta didik akan ketergantungan. Hal ini jika tidak disikapi dengan bijak akan menghambat kreativitas dalam proses belajar.

3. Keamanan Data

Untuk dapat menggunakan AI, biasanya harus log in melalui akun pribadi sehingga pastinya akan menyimpan data-data penting yang bersifat privasi. Hal ini masih dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah privasi dan keamanan penggunanya.


Adanya Kecerdasan Buatan (AI) memiliki potensi untuk memberikan dampak positif yang besar pada pendidikan dan pembelajaran. Namun, ada juga beberapa dampak negatif yang perlu dipertimbangkan. 

Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan AI dengan bijak dan bertanggung jawab agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pendidikan, pembelajaran, serta menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik bagi semua peserta didik.


Posting Komentar untuk " Kecerdasan Buatan : Memahami Dampaknya Pada Pendidikan dan Pembelajaran"