Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Sakit Gigi Alami Tanpa Harus ke Dokter

Ada banyak hal yang menyebabkan kita sakit gigi, seperti gigi berlubang, gusi infeksi, tidak sengaja menggigit sesuatu yang keras, tambalan gigi yang rusak, ada partikel makanan yang menyangkut di gigi, dan ada juga yang sakit gigi karena menjadi salah satu proses pertumbuhan (terjadi pada anak-anak). 

Apapun penyebabnya, cara sederhana mengatasi sakit gigi yang paling simple seperti yang di ulas bang Iyus adalah dengan mendatangi dokter gigi. Tapi selain mendatangi dokter gigi, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan.Bisa kalian coba sendiri karena siapa tahu bisa sedikit membantu.

Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

8 Cara Mengatasi Sakit Gigi Alami Tanpa Harus ke Dokter

1.Berkumur-Kumur dengan Air Garam

Anda dapat menghilangkan infeksi pada gigi dan menghilangkan nyeri sementara pada gigi dengan membilas mulut dengan air garam. Gunakan air hangat, lalu dicampur garam, kemudian kumur-kumur lalu buang. Jangan ditelan airnya. 

Selain dapat mengurangi rasa sakit pada gigi, kumur-kumur dengan air garam juga dapat membantu menyembuhkan luka pada mulut serta mengurangi peradangan. 

2.Kompres dengan Air Dingin

Anda dapat menggunakan es batu, tempelkan ke sisi wajah Anda selama 20 menit untuk mengurangi rasa sakit.

Kenapa air dingin dapat mengurangi rasa sakit? Itu dikarenakan sakit gigi melibatkan masalah peradangan dan interupsi sinyal dari cedera otak. 

Dengan memberikan kompres air dingin, Anda dapat mengatasi masalah utama sakit gigi yaitu peradangan. Ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dengan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

3.Kompres dengan Sesuatu yang Panas

Selain menggunakan air dingin, sesuatu yang panas juga bisa meredakan sakit gigi. Anda dapat memakai hot cream, tapi jika tidak punya dapat mencoba metode lain. Misalnya menggunakan nasi panas yang dibungkus ke dalam kaos kaki. Masukkan nasi yang terbungkus kaos kaki ke dalam Microwave, lalu panaskan, dan setelah panas tempel ke bagian sisi pipi gigi yang sakit.


4.Coba Gunakan Bawang Putih

Meskipun dapat membuat mulut menjadi bau, bawang putih memiliki khasiat membunuh bakteri dan meredakan nyeri. Cara penggunaannya mudah, ambil bawang putih, kupas, lalu lembutkan sampai menjadi pasta. Oleskan ke gigi yang sakit dan sebagai penutup, ambil satu siung bawang putih lagi lalu kunyah dan lepehkan.

Jika kalian kuat menelannya, ditelan pun tidak apa-apa.

5.Mengkonsumsi Obat Antiinflamasi

Cara ini memang tidak alami, tapi jenis obat yang mengandung antiinflamasi seperti ibuprofen dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi Anda.

Tapi yang menjadi kesulitan mungkin takaran berapa banyak dan sedikitnya kita harus mengkonsumsi. Sebab jika kita hanya mengkonsumsi satu kali saat sakit lalu berhenti, efeknya kurang dapat terasa. Memang saat itu rasanya lebih membantu, tapi nanti rasa sakitnya akan kembali. Mengenai dosis yang tepat Anda dapat bertanya ke apoteker, atau supaya lebih aman cara mengatasi sakit gigi ini Anda lakukan dengan mendatangi dokter.

6.Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sudah dipercaya dari dulu hingga sekarang dalam mengatasi sakit gigi. Minyak cengkeh mengandung eugenol, yang merupakan salah satu antiseptik alami.

Cata pengaplikasiannya boleh dengan langsung mengoleskan minyak cengkeh ke gigi (dicampur dengan minyak zaitun makin mujarab), atau dengan meneteskan minyak ke air lalu Anda buat kumur-kumur. Lakukan kegiatan ini beberapa kali dalam sehari.

7.Mengunyah Daun Jambu Biji

Biasanya orang melakukan ini untuk mengatasi diare, tapi siapa sangka dapat kita gunakan mengobati gigi yang sakit. Jadi dalam kandungan daun jambu biji yang sepat itu, terdapat khasiat antiinflamasi yang mampu menyembuhkan suatu luka. Mereka juga punya antimikroba yang membantu perawatan mulut. Penggunaan cara ini pun mudah, kunyahlah daun jambu biji segar, atau bisa dengan menjadikannya obat kumur. Tapi sebelum itu harus direbus dulu.


8.Minyak Kayu Putih dan Kapas

Adapun cara yang lebih sederhana, mengandalkan minyak kayu putih yang diteteskan ke atas kapas. Sensasi panas dan segar dapat meringankan nyeri yang kita rasakan pada gigi.

Jika gigi Anda berlubang, memasukkan kapas yang sudah ditetesi minyak kayu putih pada gigi yang berlubang juga cukup membantu. Setelah selesai (efek minyak kayu putih sudah tidak begitu terasa), cabut kapas itu lalu ganti dengan yang baru atau menghentikan pemakaian jika dirasa sakitnya sudah hilang.

Segera Pergi ke Dokter Gigi Jika Kalian Merasakan Gejala Ini

Dalam kasus serius, infeksi gigi dapat menyebar ke bagian lain, yang membuat kondisinya tambah memburuk. Jika dibiarkan terus menerus, juga bisa memberikan masalah serius. 


Contohnya seperti masalah Gigi Abses. Butuh penanganan cepat agar infeksinya tak menyebar.

Adapun beberapa ciri gejala gigi Abses ada di bawah ini. Sebaiknya jika Anda sudah mulai merasakan kondisi berikut, segera periksakan diri ke dokter.

  • Gusi bengkak
  • Demam
  • Muncul benjolan merah bengkak di mulut
  • Keluar darah atau nanah
  • Sakit berdenyut-denyut
  • Muncul rasa asin atau rasa tidak enak lainnya di mulut
  • Wajah atau rahang bengkak

Segera periksakan ke dokter saja agar masalah segera diatasi oleh ahlinya. Meski begitu, cara mengatasi sakit gigi di atas dapat kalian coba dulu sebelum datang ke dokter gigi. Siapa tahu bisa menghilangkan rasa sakit, dan menghemat pengeluaran berobat.

17 komentar untuk " 8 Cara Mengatasi Sakit Gigi Alami Tanpa Harus ke Dokter"

  1. Kalau saya sakit gigi biasanya kumur daun sirih sama air garem kak ampuh juga sih walaupun harus berkali2 ..tapi kalau bisa jangan sakit gigi deh apalagi harus ke dr..hiyy takutt saya mah hihi

    BalasHapus
  2. bener yang kumur-kumur pakai air garam. ayahku sampai masuk rumah sakit karena sakit gigi, gak bisa makan apapun, minum aja susah. harus di opname karena sampe kekurangan cairan. 2 hari di opname, ternyata obatnya cuma kumur2 aja pakai air hangat garam, terus sorenya udah bisa pulang. padahal mah obatnya murah ya, hihi. pelajaran banget setiap sakit gigi cukup kumur2 air garam aja.

    BalasHapus
  3. berkumur-kumur dengan air garam ji yang sering saya lakukan lebih alami

    BalasHapus
  4. Sakit gigi itu benar-benar menyakitkan banget ya tetapi bener juga sih sakit gigi nggak harus minum obat kalau nggak parah banget kita bisa melakukan langkah-langkah yang kakak kasih mi yang telah kulakukan berkumur dengan air garam dan memasukkan kapas ke dalam Gigi setelah diberi minyak kayu putih jadul banget ya tapi mantap sih sembuh

    BalasHapus
  5. jujur kalau pakai obat tradisional kayaknya bagi aku ga mempan. Saya lebih baik ke dokter saja

    BalasHapus
  6. Wah, tidak perlu ke dokter gigi ya dengan cara alami bisa mengatasi sakit gigi.
    Soalnya aku pernah beli obat sendiri gitu , malah tambah sakit giginya kak huhuhu.

    BalasHapus
  7. Saya sih belum pernah mengompres dgn air panas kak, apa gak bahaya ya? Saya pegang kuali yg panas sebentar aja udah sakitnya minta ampun, apalagi air panas

    BalasHapus
  8. Yup. Melakukan kompres dan mengunyah daun jambu biji dan menggunakan minyak cengkeh utk kasus ringan dan awal awal sangat membantu... namun kakau sudah berat baiknya segera konsul ke dokter gigi ya kak

    BalasHapus
  9. Pas lagi nggak sakit gigi suka suka inget sama obat alami untuk menghilangkan nyeri gigi. Eh begitu sakit gigi, semua obat rasanya salah.

    BalasHapus
  10. Ampun deh, kalau sakit gigi kadang seluruh badan rasanya sakit semua. Aku pernah sampai demam, gigil segala, pas kemah kejadiannya. Harusnya dulu aku baca tulisan ini ya wkwkkw

    BalasHapus
  11. Kalo sakit gigi, keluarga saya biasanya pake air cengkeh. Ditetesin ke gigi yg berlubang. Alhamdulillah membaik

    BalasHapus
  12. Minyak cengkeh itu emang ada ya. Baru ngeh aku tu. Enak ya kalo banyak cara mengobati sakit gigi secara alami.

    BalasHapus
  13. Betul kak, jangan abaikan masalah gigi, kalau ingat say a harus operasi gigi bungsu gini efeknya banyak banget padahal kalau dilihat sekilas tidak ada apa-apa yang salah

    BalasHapus
  14. Kalo aku tempo hari kapas kutetesi minyak kutus-kutus, langsung ilang sakitnya

    BalasHapus
  15. Pernah coba pake bawang putih. Rasanya astaga.. Makin joss banget. Emang sih abis itu reda pembengkakan gusinya. Tapi, engga tahan sama prosesnya

    BalasHapus
  16. Pernah coba pake bawang putih. Rasanya astaga.. Makin joss banget. Emang sih abis itu reda pembengkakan gusinya. Tapi, engga tahan sama prosesnya

    BalasHapus
  17. aku pernah nyobain semua mas sepwal..tapi akhirnya tetap ke dokter gigi karena cuma mengendalikan rasa sakitnya doang bukan menangani sumber masalahnya hihi

    BalasHapus