-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mengenal Perbedaan Cara Kerja Otak Manusia yaitu Otak Kanan dan Kiri

Otak Kanan dan Otak Kiri- Tuhan menganugerahkan akal untuk berfikir. Dengan segala kecanggihan-Nya mampu menjawab pernyataan demi pernyataan yang memenuhi pikiran anda. 

Otak adalah kekuatan manusia untuk menstimulus  keadaan di luar dan di dalam dan dikondisikan dengan gejala nampak dan respon yang luar biasa. Anda mengalami perbedaan pendapat dengan teman anda. Anda berfikir untuk menindaklanjuti setelah keluar ruangan dari kantor. Namun, disisi lain, anda mengatakan hal itu tidaklah ada gunanya. Mengapa demikian?

Perbedaan Cara Kerja Otak Manusia yaitu Otak Kanan dan Kiri


Otak Kanan dan Otak Kiri- memiliki sistematika kerja yang berbeda. Terkadang, amsyarakat awam masih bingung akan hal ini. Sebenarnya, anda pernah merasakan perbedaan cara kerjanya. Hanya saja, jarang anda simpulkan berdasarkan teori yang ada. 

Masing-masing bagian otak manusia memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam mengolah informasi yang didapat baik itu secara visual maupun secara audio-visual. Oleh karennaya, mari kita simak perbedaannya di bawah ini: 

Mengenal Perbedaan Cara Kerja Otak Manusia yaitu Otak Kanan dan Kiri

1. Kemampuan Akademik

Kemampuan otak kiri lebih cenderung kepada ilmu pengetahuan pasti. Seperti kemampuan menghafal angka, menghitung, berfikir sistematis, merancang sebuah proyek serta mengolah keterampilan ilmiah. Sedangan otak kanan lebih dominan kepada kegiatan yang menimbulkan kreativitas, seni, intuisi dan penalaran mendalam tentang imajiansi.

2. Kemampuan Olahraga

Ternyata, otak mempunyai kemampuan olahraga yang berbeda juga lo? Jika otak kiri berfungsi untuk pertimbangan, mengolah menjadi suatu keseimbangan dalam beraktivitas, sedangkan otak kanan berfungsi untuk mengontrol semua tubuh secara terkoordinasi. Hal ini sering anda rasakan saat anda melakukan pemanasan olahraga. 


3. Kemampuan Analisis yang Tajam

Otak kiri mempunyai kemampuan hebat dalam menganalisa sesuatu dengan proses yang logis dan lebih mudah dipahami. Sistem bekerjanya menggunakan pencernaan yang memungkinkan semua anggota tubuh saling bekerja sama dalam menangkap intuisi. Namun, kelemahan otak kiri tidak bisa  

4. Kemampuan Berbicara

Saat anda memulai percakapan, apakah anda akan berfikir terlebih dahulu untuk membuka obrolan? Atau hanya akan memilih diam sambil menunggu lawan bicara anda untuk berbicara? Tentunya semua kembali kepada kita masing-masing. 

Otak kiri mempunyai analisa logika yang tinggi, menyukai masalah dari berbagai macam cabang di dalamnya. Respon yang akan di dapat, anda bertemu dengan salah satu murid anda yang cenderung berkata lugas dan tidak bertele-tele. Sedangkan otak kanan akan bekerja menggunakan perpaduan hati, intuisi serta imajinasi untuk memecahkan persoalan. Dan terlihat to the point saat mengembangkan idenya sendiri. 


Setelah tadi membahas di atas, pasti anda bingung bagaimana memposisikan otak kanan dan otak kiri agar menjadi seimbang? Nah, simak tips-tipsnya di bawah ini:

1. Membuka Hati

Maksudnya adalah kita anda benar-benar membuka hati anda untuk menerima segala kejadian yang sebelumnya tidak sama sekali dinginkan. Misalnya, anda menyukai dunia seni, namun anda enggan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. 


Nah, anda harus meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Anda harus mengoptimalkan kegunaan otak kanan agar bisa mensinkronkan kedua-duanya. Dengan begitu, anda tidak kaget dalam menghadapi perubahan sosial nantinya. 

2. Belajar Kelompok

Ternyata, manfaat belajar kelompok itu banyak sekali. Contohnya terhadap pengembangan stimulus otaka kanan dan otak kiri. Dengan belajar secara berklompok, respon otak yang diberikan akan otomatis menyambung dengan kedua fungsi berbeda. 

Ibaratnya, anda sambil menyelam minum air. Belajar mengasah kepandaian sambil bersosialisasi terhadap sesama. 

Demikian penjelasan tentang otak kanan dan otak kiri di atas. Seperti d atas yang sudah jelaskan tadi. Tentunya anda mempunyai gamabaran tersendiri terhadap perbedaan fungsi otak? Selamat mencoba tips dan triknya. terimkasih 



Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

Click here for comments 5 Comments:

  1. Aku kalo ikut tes tes gitu selalu dominan kanan hasilnya. Dan emang kalau diliat dari ciri, daku jauh banget dari hal berbau logic gitu

    BalasHapus
  2. semoga kita lebih bisa memaksimalkan fungsi otak yg diberikan oleh Tuhan. mengasah dan melatihnya sehingga berfungsi optimal

    BalasHapus
  3. Mengasah otak itu sangat baik apalagi bagi anak,2 dan orangtua biar tidak pikun bagi lansia ya kak

    BalasHapus
  4. Ingin hati pasti yang seimbang ya kak antara otak kana damn otak kiri, tapi sayang sepertinya dominan yang kanan nih

    BalasHapus
  5. aku bingung dengan diriku sendiri kak, lebih banyak pakai otak kiri atau otak kanan.

    BalasHapus
1946457701878001633