Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Jurusan yang cocok untuk kita Memilih Jurusan Kuliah, Buat Kalian Yang Masih Bingung

Sepwal.net – Hai sahabat semua, pada kesempatan kali ini admin akan share seputar cara memilih jurusan yang tepat untuk kuliah, karena Beberapa mahasiswa merasa salah memilih jurusan saat mereka sudah masuk ke semester 4 ke atas.

Mereka merasa bahwa apa yang mereka tekuni selama ini belum ada tanda – tanda berbuah manis untuk kedepannya. Sebenarnya ada banyak faktor, salah satunya faktor penyebab mereka merasa salah jurusan adalah karena mereka selama ini tidak bisa beradaptasi dengan minat yang baru.

Terus Bagaimana Cara Memilih Jurusan Yang Tepat ?
Cara Memilih Jurusan yang cocok untuk kita Memilih Jurusan Kuliah

cara memilih jurusan yang tepat untuk kita ini kadang membuat kita Merasa Galau, Jurusan Apa sih sebenarnya yang cocok buat kita ? pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan muncul dalam diri kita, karena menentukan pilihan untuk masa depan bukanlah perkara yang sangat mudah karena kita yang memegang peranan penting untuk kehidupan di masa yang akan datang, apa lagi buat kalian yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi kedepannya.


Nah buat kalian yang baru saja menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA, pikirkan kembali untuk memilih jurusan yang kalian inginkan. Oleh karenanya admin memberikan sedikit ulasan tentang cara memilih jurusan agar tidak salah pilih jurusan,oke berikut ini ada beberapa tips dalam memilih jurusan kuliah yang mungkin bisa jadi bahan acuan dalam memilih jurusan.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Buat Kalian Yang Masih Bingung

Jangan Modal Ikut – ikutan
Jangan Cuman Modal Ikut – ikutan, jangan sampai kalian memilih jurusan kuliah ini, karena teman -Teman kalian yang lain juga masuk ke jurusan tersebut. Ini mungkin salah satu penyebab mengapa kalian merasa salah masuk jurusan.

Jika kalian hanya ikut – ikutan, akan jadi apa nantinya?
Kalau hanya untuk memperoleh pekerjaan mungkin mudah kali ya, tapi pekerja yang memiliki skill yang mumpuni? Gimana..... Jadi Jangan pernah memili Jurusan cuma karena ikut-ikutan sama teman, pacar atau apapun istilahnya.

Minat Sejak Masih Sekolah
Pilihlah jurusan yang masih ada hubungannya dengan minat kita sejak masih sekolah dulu. Misal, sobat dulunya minat dan paham akan seluk beluk tentang dunia akuntansi, kalian bisa cari jurusan yang tidak jauh dari minat kalian tersebut. Mungkin juga yang dulunya sekolah TKJ (teknik komputer dan jaringan), mungkin sobat bisa mencari jurusan teknik informatika atau yang tidak jauh dari minat kalian.

Memiliki Skill
Untuk masuk ke jurusan yang kita inginkan, minimal kita punya skill tentang jurusan yang akan kita ambil dan yang di tekuni. Mengapa demikian, agar saat kita sudah masuk ke jurusan tersebut kita tidak memulai dari awal lagi.

So ini Menurut pengalaman saya saat duduk di bangku perkuliahan, karena bakat dan kemampuan sudah ada yah tinggal di lanjutkan saja, dan tidak susah lagi beradaptasi dengan Mata Kuliah Yang akan dipelajari, Tentunya ini bisa menjadi penyemangat saat sudah masuk ke semester-semester yang lebih tinggi.

Memiliki Target
Ya Kita juga harus punya target buat kedepannya mau seperti apa kita, Jadi Sobat sekalian harus bisa menebak – nebak, pekerjaan apa yang akan sobat inginkan di masa mendatang yang sesuai dengan bakat atau skill yang sobat miliki. 

Contohnya ingin menjadi pegawai bank, mungkin kalian bisa mengambil jurusan akuntansi dan perbankan. atau ingin Ingin Menjadi Ahli IT ya tentunya sobat harus mengambil jurusaln Ilmu Komputer atau Teknik Informatika dan lain-lainnya sebagainya.

Memang Sih ga ada yang tau akan seperti apa kita nantinya dan jadi apa kita kedepannya, tapi apa salahnya mendalami ilmu yang sangat kita minati saat ini sebagai bekal untuk masa yang akan datang.


Bagi kalian yang masih bingung, mungkin beberapa tips di atas bisa sedikit memberikan solusi. Yang pada intinya, kita tidak bisa hanya bermodal ikut – ikutan saja untuk meraih sesuatu yang besar. perlu sobat ingat bahwa memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan akan membuat kenyamanan dan semangat kaliant hilang untuk kuliah, jadi sebelumnya kalian harus memilih kata hati dan sesuai dengan bakat dan kemampuan yang kalian punya

Cukup Sekian Tulisan kali ini yang Membahas tentang cara memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi,Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sahabat semua, wassalam
GST
GST Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1 komentar untuk "Cara Memilih Jurusan yang cocok untuk kita Memilih Jurusan Kuliah, Buat Kalian Yang Masih Bingung"

  1. Bener bangett, saya waktu mau kuliah dlu nentuin jurusannya dengan cara2 diatas

    BalasHapus