Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Jadi Penulis Yang Berpenghasilan Untuk Pemula

Sepwal  -  Beberapa akhir ini, literasi mulai banyak diperbincangkan. Menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kaca mata di dunia penulisan. Adanya budaya literasi akan membuat negeri lebih analitis dan kritis terhadap wawasan maupun informasi yang tersebar. karena di era digital sekarang ini, informasi begitu cepat dan mudah di akses.

Bahkan, dengan menggeluti literasi akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Khususnya dalam segi keilmuwan dan produktifitas karya. Agar para penerus Bangsa tidak sekedar menjadi konsumen ilmu. Tetapi, juga mampu menciptakan sebuah konsep keilmuwan yang dapat diikuti banyak orang. Semua itu dapat terwujud dengan membudayakan literasi di Indonesia.


Berbicara terkait literasi, ternyata tidak hanya dapat digunakan sebagai kemajuan keilmuwan suatu Negeri. Namun, Anda yang mendalaminya bahkan bisa menjadikan ladang karir yang menjanjikan. Ya benar, hoby menulis dapat menghasilkan keuntungan dari kegemaran kalian nulis tapi tetap dalam hal yang positif ya.

Bahkan, bukan sekedar itu. Menjadi seorang Penulis juga akan menggiring nama Anda dikenal banyak orang dan memberikan pengaruh. Banyak di Indonesia Penulis ternama, entah yang bergenre motivasi, sastra, maupun semi ilmiah popular. Contohnya seperti Merry Riana, Ippho Santoso, Tere Liye, Asma Nadia, dan masih banyak lainnya.

Cara  Jadi Penulis Yang Berpenghasilan

9 Cara Jadi Penulis Yang Berpenghasilan Untuk Pemula

Gimana Guys? Makin tertarik kan. So, ini ada cara jitu jadi Penulis yang bisa kamu terapkan agar mencapai cita-cita tersebut.

1. Membiasakan Peka Membaca Keadaan dan Fenomena

Dalam dunia literasi dikenal dengan namanya membaca yang tidak tertulis. Nah, ini yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi Penulis.

Biasakan peka terhadap kondisi sekitar maupun fenomena yang ada. Baik yang sedang viral di dunia maya, maupun situasi lingkungan Anda. Biasakan meningkatkan sikap kepo Anda, ini akan mempermudah dalam membaca realitas.

Jika Anda sudah cepat peka dengan bacaan tidak tertulis, lebih mudah memunculkan bahan maupun ide yang akan ditulis. Pasalnya, Penulis literasi selalu berdasar pada realis. Tulisan sebagai bentuk ekspresi terhadap realita yang ada. Wujud kritik maupun dakwah, ataupun dukungan.


2. Membiasakan Menganalisa

Analisa sangat urgen, untuk menciptakan sebuah karya. Tanpa analisa yang cermat, karya Anda akan menjadi mala petaka buat anda.

3. Membiasakan Membaca yang Tertulis

Biasakan dengan bacaan-bacaan buku, e-book, maupun artikel di internet.ini bertujuan untuk melakukan perbandingan atas karya Anda yang telah anda buat dengan karya orang lain. Sejauh mana kwalitas tulisan yang sudah Anda buat.


4. Membiasakan Berimajinasi

Jika Anda ingin membuat karya lebih dalam, dengan bacaan yang menyenangkan. Maka, Anda perlu memiliki ketajaman imajinasi. Hal itu, untuk membuat sebuah analogi terhadap opini Anda. jadi imajinasi sangat diperlukan ya

5. Memperbanyak Berkomunikasi dengan Orang

Dengan Anda banyak bergaul dan berkomunikasi, akan meningkatkan kemampuan bahasa. Bukan hanya itu, terpenting Anda akan mendapat inspirasi ide yang akan ditulis.

6. Mengasah Daya Kreatifitas

Biasakan berfikir secara luas dan aneh. Biarkan pikiran Anda berkelana, dan berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya. Itu akan meningkatkan daya kreatifitas yang sangat diperlukan untuk menjadi Penulis biar karya anda tampil unik dan berbeda.

7. Membiasakan Menulis

Membiasakan untuk menulis Jelas ini menjadi kunci pokoknya. Dengan Anda meningkatkan jam terbang dalam menulis, maka kwalitas tulisan anda pun akan semakin baik. jadi harus terus belajar dan membiasakan diri menulis.

8. Buat Sebuah Karya

Selanjutnya, tidak akan menjadi Penulis professional jika Anda tidak memiliki karya. Maka, ciptakan sebuah karya tulisan Anda.

9. Publikasikan Karya Anda

Paling urgen di point terakhir ini. Anda akan disebut seorang Penulis, dan mendapatkan penghasilan jika karya telah dipublikasi. Anda dapat menerbitkan karya dengan berbagai pilihan, melalui situs atau berbentuk buku.

Jika menggunakan situs, Anda bisa menerbitkannya di blog, website, maupun situs penyedia seperti plukme, kompasiana, dan lain-lain. Jika dalam bentuk buku, Anda bisa mempublikasi di perusahaan penerbitan. Ada tiga pilihan yakni Penerbit Mayor, Indie, dan Self Publiser.


Nah, Demikianlah artikel terkait Cara Jitu Jadi Penulis. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Memberikan pencerahan untuk memiliki akses mencapai cita-cita menjadi seorang Penulis professional. Anda harus berintegritas secara serius untuk menerapkan beberapa cara yang kami paparkan. 

Pasalnya, menjadi Penulis tidak bisa sekedar teori. Tetapi, secepatnya melangkah itu yang paling penting. Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "9 Cara Jadi Penulis Yang Berpenghasilan Untuk Pemula"